Frequently Asked Questions

Syarat Umum dan Khusus untuk Mendapatkan NIDK
Nomor Induk Dosen Khusus ini diberikan kepada mereka yang diangkat oleh perguruan tinggi melalui perjanjian kerja. Secara umum, tenaga pendidik yang dapat memperoleh NIDK adalah mereka yang sehat jasmani dan rohani, memiliki kualifikasi akademik, dan tidak terlibat dalam penyalahgunaan narkoba.
Sementara itu, untuk memperoleh NIDK, perguruan tinggi harus mengajukan permohonan kepada Direktur Jenderal Sumberdaya Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi dengan menyampaikan dokumen berupa:
  1. Kartu Identitas (Kartu Tanda Penduduk)
  2. Keputusan pengangkatan dosen oleh perguruan tinggi atau ketua yayasan berdasarkan perjanjian kerja
  3. Surat perjanjian kerja sebagai dosen, dilengkapi dengan tanda tangan dosen dan pemimpin perguruan tinggi, disertai materai cukup. Setidaknya dalam surat perjanjian tertulis lama perjanjian, hak, kewajiban, dan sanksi
  4. Ijazah minimum Program Magister untuk pengajar Program Diploma atau Sarjana/Sarjana Terapan dan ijazah Program Doktor untuk pengajar di tingkat Magister/Magister Terapan. Bagi lulusan luar negeri, harap melampirkan keputusan penyetaraan yang diterbitkan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemenristek dikti.
  5. Surat keterangan sehat jasmani dan rohani dari rumah sakit minimal tipe C.
  6. Surat keterangan bebas narkotika dari rumah sakit.
  7. Surat izin dari pimpinan instansi induknya (sebagai contoh Menteri, Kepala Lembaga, Kepala Staf TNI, Kepala Polri, Kepala Daerah, Direktur Utama) atau yang diberi kewenangan oleh pemimpin tersebut, apabila yang bersangkutan masih berstatus sebagai pegawai atau karyawan aktif.
  8. Surat keterangan mengajar dan jadawal mengajar dari pemimpin perguruan tinggi. Lama mengajar minimal 4 (empat) sks dalam 1 (satu) semester per tahun.
  9. Surat Pernyataan dari pemimpin perguruan tinggi yang menyatakan bahwa informasi yang adala dalam dokumen pengusulan adalah benar.
  10. Pas photo ukuran 4×6
  11. Dosen dengan kewarganegaraan asing bisa melampirkan beberapa dokumen, seperti:
    1. Izin kerja di Indonesia dari pemerintah Indonesia
    2. Surat keterangan jabatan akademik, minimal associate professor dari instansi yang berwenang di negara asal
    3. Bukti 3 (tiga) publikasi internasional dalam jurnal internasional bereputasi.

Syarat Kualifikasi Minimum Memperoleh NIDK

Kemudian syarat kualifikasi minimum untuk memperoleh NIDK, antara lain:
  1. Lulusan Magister/Magister Terapan untuk pengajar Program Diploma dan Sarjana/Sarjana Terapan
  2. Lulusan Doktor/Doktor Terapan untuk pengajar Program Magister/Magister Terapan
  3. Lulusan Program Profesi atau Magister/Magister Terapan dengan pengalaman kerja minimal 2 tahun untuk pengajar Program Profesi
  4. Lulusan Program Subspesialis atau Doktor/Doktor Terapan untuk pengajar Program Spesialis/Subspesialis, dengan pengalaman kerja minimal 2 tahun.

Dari persyaratan di atas, masih terdapat beberapa ketentuan khusus yang bisa dipenuhi oleh dosen di sebuah program studi dan dosen pensiun. Dosen yang berhak memiliki NIDK adalah pendidik yang terdaftar dengan nomor registrasi.
Jumlah pengajar dalam program studi yang bersangkutan minimal adalah 6 orang, agar lolos sebagai program studi yang memenuhi syarat. Kemudian dalam prodi tersebut, harus terdapat lebih banyak dosen yang memiliki NIDN daripada NIDK, kecuali untuk program studi dokter spesialis di Fakultas Kedokteran.
Kemudian untuk dosen pensiun, harus memenuhi syarat khusus, yaitu telah memiliki NIDN, berstatus full, dan telah melalui proses sertifikasi. Dosen yang memiliki NIDK bisa memperoleh perpanjangan masa mengajar, yaitu 5 tahun untuk dosen nonprofesor dan 9 tahun untuk dosen bergelar profesor. Jadi, dosen nonprofesor bisa menambah masa pengabdian hingga usia 70 tahun, sedangkan yang bergelar guru besar bisa mengabdi hingga 79 tahun.
Dosen yang telah menyepakati perjanjian kerja akan diberikan NIDK dengan nomor awal 88. Kemudian, nomor registrasi ini bisa berubah ke NIDN atau NUP. Tentunya, perubahan nomor registrasi bisa dilakukan atas usulan dari perguruan tinggi dengan memenuhi persyaratan tertentu.


 Last updated Tue, Apr 11 2017 11:23am

Please Wait!

Please wait... it will take a second!