Frequently Asked Questions

Reset Password
untuk Reset Password email :
1. email @undip.ac.id
2. email @live.undip.ac.id
3. email @student.undip.ac.id
silakan menghubungi bagian Helpdesk bisa melalui
1. Portal http://helpdesk.undip.ac.id
2. Email ke helpdesk@live.undip.ac.id
3. Telepon 024-76401553 (jam kerja)
4. atau Datang langsung ke Gedung ICT lantai 2 Jl. Prof. Soedarto SH, No.1 Tembalang

Khusus email yang berafiliasi dengan Google Apps, prosedur reset password bisa dilakukan sendiri karena email ini sama semerti gmail, dengan memilih Forgot password

Untuk akun yang aktif fitur verifikasi dua langkah, tampilan laman untuk reset sandi-nya masih sama dengan yang tulisanku yang lama. Sedangkan akun gmail yang tidak mengaktifkan fitur ini, memang udah beda tampilannya.
Pertama, kamu masuk kelaman recovery google disini : https://accounts.google.com/signin/recovery
, nanti akan keliatan tampilan laman seperti ini.
ganti bahasa lupa sandi laluan gmail
Ubah bahasa agar lebih mudah dipahami. Di gambar diatas aku ubah menjadi bahasa indonesia. Bisa dilihat digambar dibawah, penjelasannya sudah berubah jadi bahasa indonesia.
Untuk yang dari malaysia, jika ingin ubah kata laluan gmail, bisa gunakan bahasa melayu. Or you can use English, just pick language you’re comfortable of.
langkah reset akun gmail yang lupa password gmail (1)
Masukkan alamat email yang ingin di reset ke dalam kolom yang diminta. Lalu klik tombol “berikutnya”.
Setelah itu akan muncul laman baru seperti dibawah ini.
Perlu diketahui, bahwa laman yang muncul ga selalu seperti dibawah ini. Kadang muncul laman yang minta password lama, setelah itu baru muncul laman seperti dibawah. Jika yang muncul adalah laman yang minta password lama, kamu bisa skip dengan mengisi sembarang password atau dengan klik link “coba pertanyaan yang lain” dilaman tersebut.
Aku udah coba beberapa kali reset, dan laman untuk minta password lama tsbt, kadang muncul kadang ga. Jadi kalau muncul jangan bingung, skip aja, nanti muncul laman seperti dibawah ini.
Kalau kamu memang ingat password lama, silahkan masukkan dilaman tersebut, karna kalau bener bisa membantu untuk proses reset saat kamu tidak ada akses ke no hp dan email recovery.
langkah reset akun gmail yang lupa password gmail (3)
Dilaman ini ada dua pilihan, kirimkan kode lewat sms atau panggilan telepon.
Aku lebih nyaranin lewat sms, karna kalau lewat telepon, nanti yang ngomong pake bahasa inggris sih setauku, dan listening kode dalam bahasa inggris lebih sulit aja.
Dilaman ini juga ada kadang ada perbedaan, untuk contoh diatas, aku bisa memilih minta kirim lewat sms atau telepon. Kadang yang muncul dilaman ini adalah kolom yang meminta kamu memasukkan nomer hp. Jadi aku malah diminta memasukkan ulang nomer hp yang sesuai dengan ****-****-**78. setelah itu kode akan otomatis terkirim lewat sms.
Setelah klik “kirim SMS”. langsung cek hp kamu. Tunggu beberapa menit, biasanya langsung masuk sih. tapi kadang ada juga yang agak lama masuknya.
Nanti akan muncul laman baru untuk memasukkan kode yang didapatkan di sms tadi.
langkah reset akun gmail yang lupa password gmail (4)
Masukin kodenya dan klik tombol “berikutnya”. Setelah itu akan muncul laman baru untuk memasukkan kata sandi baru.
ubah dan ganti ke sandi baru gmail
Masukkan kata sandi yang baru setelah itu klik tombol “Ubah sandi”. Nanti akan muncul laman seperti dibawah ini. Itu arti nya proses reset telah selesai dilakukan.


 Last updated Mon, Apr 11 2016 10:15am

Please Wait!

Please wait... it will take a second!